Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
8 Langkah Mudah membuat foto Silhouettes
#1
Question 
[Image: Cara-mengambil-Foto-Siluet-653x435.jpg]

Siluet adalah cara yang bagus untuk menyampaikan drama, misteri, emosi dan mood kepada pemirsa foto Anda dan sering menonjol dalam sebuah album karena kombinasi kesederhanaannya namun juga cerita yang mereka sampaikan. Saya menyukai teknik ini, karena teknik ini tidak memberikan gambaran yang jelas tentang semuanya kepada siapapun, kecuali meninggalkan sebagian gambar untuk memancing imajinasi orang lain yang melihatnya.
Strategi dasar yang harus Anda gunakan dalam mengambil gambar siluet adalah dengan menempatkan subjek Anda (bentuk yang ingin Anda ambil) di depan beberapa sumber cahaya dan memaksa kamera Anda untuk mengatur pemaparannya berdasarkan bagian paling terang dari Gambar Anda (latar belakang) dan bukan subjek gambar Anda.
Dalam melakukan ini, subjek Anda akan terpapar (dan sangat gelap, jika tidak hitam).

Ada banyak deskripsi teknis yang bertebaran seputar bagaimana mengambil gambar siluet yang mungkin ingin Anda lihat, tapi biarkan saya mencoba menjelaskan beberapa langkah dasar yang seharusnya memberi Anda hasil yang Anda harapkan. Intinya apa yang ingin kita lakukan adalah membuat kamera Anda berpikir bahwa itu adalah bagian terang dari gambar yang paling Anda minati.

Berikut ini 8 Langkah Mudah membuat foto Silhouettes

1. Pilih Subjek yang Kuat
Hampir semua objek bisa dibuat menjadi siluet, namun ada pula yang lebih baik dari yang lain. Pilihlah sesuatu dengan bentuk yang kuat dan mudah dikenali yang akan cukup menarik dalam bentuk dua dimensi untuk menahan minat orang-orang yang melihat gambar Anda. Siluet tidak bisa menggambar pada warna, tekstur dan nada subjek untuk membuatnya menarik - jadi bentuknya perlu berbeda.


2. Matikan Flash Anda
Jika kamera Anda dalam mode otomatis, kamera Anda mungkin akan menggunakan lampu kilatnya yang akan merusak siluetnya. Pada dasarnya Anda ingin sedikit cahaya di bagian depan subjek Anda mungkin - jadi lampu kilat tidak perlu digunakan.


3. Dapatkan Cahaya Anda dengan Benar
Ketika sampai pada pencahayaan subjek Anda, Anda harus membuang banyak dari apa yang telah Anda pelajari tentang fotografi normal dan berpikir sedikit ke belakang. Alih-alih pencahayaan bagian depan subjek Anda, dalam siluet Anda perlu memastikan bahwa ada lebih banyak cahaya yang bersinar dari latar belakang daripada latar depan tembakan Anda - atau dengan kata lain - Anda ingin menyoroti bagian belakang subjek Anda daripada depan. Cahaya yang sempurna untuk siluet misalnya adalah menempatkan subjek Anda di depan matahari terbenam atau matahari terbit.


4. Bingkai gambar Anda
Keker bingkai gambar Anda dari kekeran kamera, pastikan latar belakang lebih terang dari objek utama Anda. Biasanya latar belakang terbaik akan menjadi langit tanpa awan terang dengan tata surya. Anda ingin memposisikan sumber cahaya paling terang di belakang subjek Anda (entah itu menyembunyikannya atau latar belakangnya di suatu tempat).


5. Buat bentuk siluet yang berbeda dan berantakan
Jika ada lebih dari satu bentuk atau objek pada gambar yang sedang Anda coba buat siluet, cobalah untuk memisahkannya. Misalnya jika Anda sedang mencoba membuat gambar siluet pohon dan seseorang berdiri di depan pohon atau bahkan bersandar dipohon itu, usahakan lebih baik jangan sampai bersandar banget, beri batas jarak antara orang dengan pohon tersebut, karena menggabungkan mereka ke dalam satu bentuk siluet warna hitam akan memberikan hasil foto yang membuat orang bingung melihatnya, itu bentuk apa.


6. Dalam mode otomatis
Sebagian besar kamera digital modern memiliki metering otomatis yang cukup bagus dalam merasakan bagaimana mengekspos sebuah foto sehingga semuanya menyala dengan baik. Masalahnya kebanyakan kamera begitu pintar sehingga mereka akan memfokuskan gambar dan cahaya pada subjek Anda, sehingga Anda perlu mengelabuinya. Beberapa kamera digital juga memiliki mode pengukuran 'spot' atau 'centered' yang dapat Anda aktifkan untuk membantu mengambil gambar siluet karena mereka akan mengatur pengukuran di titik tengah bingkai Anda daripada beberapa titik lain. Ini berarti Anda dapat secara akurat memberi tahu kamera Anda persis mana latar belakang terang yang Anda inginkan untuk mengatur pencahayaan.


7. Mode Manual
Cara mudah untuk mulai menggunakan mode manual adalah dengan melihat kecepatan rana dan aperture yang disarankan dalam mode otomatis, mulai dari sana. Jika dalam mode otomatis subjek Anda terlalu terang (misalnya Anda perlu membuatnya lebih gelap) menghentikan kecepatan rana satu atau dua perhentian mungkin bisa dicoba. Gunakan teknik 'bracketing', mengambil gambar saat pada matahari terbit dan terbenam untuk mendapatkan berbagai gambar dengan eksposur yang sedikit berbeda.


8. Fokus
Dalam kebanyakan kasus Anda akan menginginkan subjek yang siluet menjadi hal yang paling fokus dan paling tajam. Ini bisa berarti bahwa proses yang dijelaskan pada poin 4 bisa sedikit rumit karena mendorong rana Anda setengah jalan turun untuk mendapatkan hak metering juga berarti. Anda akan fokus pada titik di latar belakang. Untuk menyiasati hal ini Anda bisa menggunakan dua strategi. Pertama jika kamera Anda memiliki fokus manual, Anda mungkin mudah mencobanya. Pra fokus tembakan Anda sebelum Anda mengukur tembakan Anda.


Strategi lainnya adalah menggunakan Aperture untuk memaksimalkan kedalaman lapangan Anda (jumlah gambar Anda yang sedang fokus). Atur aperture kecil (misalnya jumlah yang lebih besar) untuk meningkatkan kedalaman bidang - ini berarti Anda lebih cenderung memiliki latar depan dan latar belakang yang lebih tajam dalam gambar Anda.

Salah satu tip terakhir tentang cara memotret Silhouet.
Ssiluet total dengan subjek bagus yang tajam juga hitam bisa menjadi gambar fotografi yang hebat, namun, pertimbangkan juga siluet parsial di mana beberapa detail subjek Anda tidak terlalu hitam pekat. Terkadang sentuhan cahaya pada subjek foto siluet, membuat sedikit lebih tiga dimensi dan 'nyata'. Jadi foto siluet itupun tidak selalu harus hitam pekat, namun ada juga siluet parsial, tergantung Anda sendiri ingin yang bagaimana dan ingin situasi yang seperti apa.


Demikianlah 8 Langkah Mudah membuat foto Silhouettes. Selamat mencoba.
Terima Kasih
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)