Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Mudah Memanfaatkan PC Tua
#1
Star 
[Image: pc-tua.jpeg]

Beberapa tahun belakangan, tren penggunaan PC dan laptop sempat tinggi, sampai kemudian untuk yang pertama kalinya kemunculan smartphone akhirnya memutuskan tren tersebut. Sampai saat ini penjualan PC secara global terus mengalami penurunan, seperti dikutip IDC, sebagai lembaga riset pasar di Amerika.

Itu artinya mungkin sebagian dari kita memiliki komputer pribadi yang sekarang sudah jarang terpakai. Karena alasan lambat dan tidak bisa dibawa ke mana-mana, mungkin membuat kalian ingin membuangnya atau menempatkannya di gudang. Begini cara memanfaatkan PC tua, daripada membiarkan PC tua tersebut tidak berfungsi, akan lebih baik memanfaatkannya menjadi sesuatu yang berguna

1. Uji coba OS terbaru yang lebih ringan
Kalian suka mencoba hal baru? Melakukan instalasi OS terbaru ke PC tua akan membuat komputer tersebut terlihat fresh dan seperti baru. Ada banyak pilihan sistem operasi alternatif berbasis Linux yang bisa dicoba, misalnya yang populer adalah Ubuntu, SD, dan PinguyOS.
Walaupun OS tersebut sifatnya open-source, kita tetap bisa mendapatkan tampilan seperti Windows. Kebanyakan OS yang gratis tersebut juga sudah dilengkapi dengan jutaan paket software yang bisa digunakan. Selain itu, OS tersebut juga mampu bekerja pada hardware yang lama. Ada juga OS khusus yang dirancang untuk anak-anak seperti Qimo, DouDou, Sugar, dan Edubuntu.
Kalau mau yang lebih kekinian lagi, mungkin kalian bisa membuat Chromebook versi sendiri di rumah menggunakan PC tua. Walaupun Chrome OS ini tidak dijual dan didistribusikan secara publik, kita tetap bisa menjajal proyek 'Chrome open-source'. Cara mendapatkannya juga tidak sulit, kalian bisa download secara gratis melalui situs ArnoldTheBat.

2. Membuat home server sendiri
Home server adalah penyimpanan yang terpasang pada jaringan-jaringan kecil untuk jaringan rumah atau bisnis kecil. Home server digunakan sebagai penyimpanan file yang kemudian bisa dibagikan ke semua komputer di jaringan yang sama. Jika kalian memiliki PC lama dengan banyak ruang penyimpanan, maka cobalah untuk membuat home server sendiri.
Kita bisa membuatnya sendiri gratis menggunakan aplikasi FreeNAS. Program tersebut juga mampu berjalan pada OS apa pun, seperti Windows, MacOS, ataupun Linux. FreeNAS juga mampu mendistribusikan media ke OS mobile seperti iOS dan Android.
Selain FreeNAS kita juga bisa menggunakan Tonido. Tonido mampu membuat PC kita menjadi home server yang dapat diakses dari mana pun. Dengan kata lain ini, sama seperti kita membuat cloud pribadi sendiri. Dengan menggunakan Tonido, kita bisa mengubah PC kita menjadi seperti situs web yang dapat diakses oleh perangkat apa pun dan di mana pun kita berada.

3. Membuat PC Anonim
Kita mungkin khawatir tentang keamanan privasi kita di internet. Ada banyak cara untuk menyembunyikan jejak saat kita mengakses web di internet, salah satunya adalah membuat PC tua kita menjadi sebuah PC Anonim. Bagaimana caranya? Kalian bisa membuat PC Anonim dengan menginstalnya menggunakan sistem operasi TAILS (The Amnestic Incognito Live System). Sistem operasi tersebut dibangun di atas Linux Debian, dan dapat dimuat menggunakan USB flash drive, SD Card, dan DVD untuk melakukan booting komputer.

Sistem operasi ini juga kebal terhadap aplikasi spyware dan sejenisnya. Salah satu kelebihan OS ini adalah tidak akan meninggalkan jejak apa pun saat kita mengakses sistem komputer. Inilah kenapa sistem operasi TAILS disebut juga sebagai sistem operasi anti sadap

4. Buat PC Multimedia
Jika kalian hobi menggunakan layanan _streaming, cobalah untuk membuat server media sendiri. Manfaatkan PC lama untuk menjadi komputer yang khusus dirancang untuk memutar audio dan video. Untuk membuatnya cukup mudah, gunakan aplikasi seperti Kodi.

Aplikasi tersebut dapat berjalan di OS seperti Windows, Linux, iOS, dan Android. Selain Kodi ada aplikasi yang menawarkan fitur yang sama seperti Plex. Semua layanan tersebut mampu menjalankan streaming pada layanan Amazon Fire TV, Apple TV, Google Chromecast, bermain game, dan lain sebagainya.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)