Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Liburan tetap lancar meskipun sedang berpuasa
#1
Heart 
[Image: Liburan-tetap-lancar-meskipun-sedang-berpuasa.jpg]

Ingin Liburan Tetap Lancar Meskipun Sedang Berpuasa? Ini Dia 6 Tipsnya!

Liburan tetap lancar meskipun sedang berpuasa. Inilah keinginan traveler, para pecinta traveling. Bagi mereka, puasa bukanlah penghambat keinginan untuk tetap bisa menjelajah berbagai tempat menarik, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Nah, jika Anda termasuk di dalamnya, ada beberapa tips yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan hobi Anda yang satu ini saat sedang menjalankan ibadah berpuasa. Berikut ini beberapa tips tersebut.
  • Menentukan Tempat Destinasi
Pada saat berpuasa, tentu tempat destinasi yang Anda pilih lebih khusus. Pilihlah tempat wisata yang ramah muslim sehingga jika sewaktu-waktu Anda harus berhenti sejenak untuk melaksanakan ibadah shalat tidak akan terhambat. Selain itu, ibadah puasa Anda akan tetap terjaga jika tempat yang dituju merupakan tempat muslim atau tempat yang sangat menghormati orang muslim. Akan lebih baik jika Anda memilih tempat yang mempunyai nilai religius, sehingga pengetahuan agama Anda juga semakin meningkat saat berwisata tersebut. Satu lagi, pilihlah tempat destinasi yang tidak banyak menguras tenaga.
  • Menjaga Asupan Makanan saat Sahur dan Buka
Agar stamina Anda tetap terjaga, pada sahur konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi. Akan lebih baik jika Anda mengurangi teh manis karena justru dapat membuat Anda cepat haus. Anda bisa menggantinya dengan air putih atau madu alami sebagai asupan energi satu hari nanti. Selain itu, konsumsilah vitamin agar stamina Anda dalam melakukan perjalanan wisata tetap terjaga.
  • Menyiapkan Perlengkapan Pribadi Termasuk Alat Ibadah
Sebenarnya, persiapan ini juga Anda lakukan saat akan berwisata di luar bulan puasa. Beberapa perlengkapan pribadi, seperti sikat gigi, obat-obatan, suplemen, dan sebagainya penting untuk Anda bawa. Nah, agar Anda tetap mendapatkan banyak pahala di bulan suci ini, ada beberapa perlengkapan pribadi tambahan yang wajib untuk Anda bawa, seperti mukena atau sarung, al-qur’an kecil, sajadah, dan tasbih. Sehingga, sewaktu-waktu Anda berhenti untuk menjalankan ibadah dapat melakukannya tanpa harus bingung mencari pinjaman kepada orang lain.
  • Mengisi Perjalanan dengan Ibadah
Di bulan puasa, rugi rasanya jika tidak mengisi waktu Anda dengan beribadah meskipun sedang melakukan berbagai kegiatan, termasuk berwisata. Nah, agar Anda tetap mendapatkan tambahan pahala di bulan puasa, Anda bisa mengisi perjalanan dengan membaca atau menghafal al-qur’an, mendengarkan pengajian atau musik islami, dan sebagainya. Saat ini, sudah banyak media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal ini, salah satunya handphone. Selain itu, jika selama perjalanan Anda melihat ada orang yang membutuhkan bantuan, Anda bisa menyedekahkan sebagian harta Anda untuknya.
  • Jangan Melewatkan Waktu Ibadah
Meskipun sedang berwisata, jangan pernah melewatkan waktu ibadah. Kompas sebagai penunjuk kiblat dan jadwal shalat di tempat tujuan menjadi hal yang perlu Anda bawa untuk mengantisipasi jika pada saat waktu shalat tiba dan Anda tidak menemui siapa pun di perjalanan, Anda tetap bisa melaksanakan ibadah.
  • Bersegeralah Berbuka
Pada saat waktu berbuka tiba, segera batalkan puasa Anda. Dalam hal ini, Anda bisa membawa bekal air putih untuk sekadar membatalkan puasa. Akan lebih baik jika Anda juga membawa bekal kurma atau minuman hangat manis dalam termos kecil. Dengan begitu, tenaga Anda yang tadi hilang selama perjalanan dapat tergantinya dengan buka tersebut.

Tidak berat, bukan? Jika Anda mampu melakukan beberapa tips di atas, Liburan tetap lancar meskipun sedang berpuasa.
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)